Langsung ke konten utama

Wisata Warung Kopi!! Di Aceh donk

1398770332456113814
Pesona wisata warung kopi di Banda Aceh (sumber: assets.kompas.com)

Menjamurnya warung kopi di Banda Aceh menjadi daya tarik baru di Ibu Kota Aceh ini. Bagaimana tidak, tersebarluasnya warung kopi disetiap sudut kota menjadi pemandangan baru di Banda Aceh pasca tsunami. Fenomena ini tentu menjadi hal baru dan unik bagi sebagian orang yang bertapak menuju Banda Aceh.
Berbagai persepsi diberikan oleh sebagian orang terhadap banyaknya warung kopi yang ada di ibu kota Aceh ini. Namun, sebagai penulis saya menilai warung kopi merupakan potensi baru wisata kota madani. Mengapa demikian?
Warung kopi pada dasarnya memang sebagai tempat untuk minum kopi. Namun, apabila warung kopi diberi penampilan yang berbeda yang memiliki added value tentu menjadi daya tarik tersendiri. Apa lagi di Banda Aceh, warung kopi sudah menjamur tentu menjadi destinasi baru wisata kuliner yang jarang ditemukan di daerah lain.

1398770720940407301
Terlihat wisatawan dan pejabat kota Banda Aceh sedang memperlihat kopi Aceh (sumber: antaranews.com)

Nah, di Banda Aceh warung kopi yang sudah memiliki brand sudah mempraktekkan pelayanan prima dengan berbagai fasilitas yang diberikan untuk kepuasan konsumen. Warung kopi di Banda Aceh kini tidak hanya sekedar untuk orang minum kopi. Namun, untuk silaturrahmi, liburan, mengerjakan tugas kerja dan kuliah, meeting, dan tentu menjadi objek wisata kuliner terbaru untuk traveller.

13987704531483382632
Terlihat pengunjung warung kopi di Banda Aceh sedang ngobrol dan bersantai (sumber: theglobejournal.com)

Jika dulu kita melihat warung kopi masih dengan penampilan tradisional dan pemanfaatannya masih kurang dimaksimalkan. Tetapi, warung kopi di Banda Aceh kini layaknya semakin mengibarkan sayapnya memberi nilai lebih dari sekedar ngopi. Fasilitas mushalla, meeting room dan akses internet gratis menjadi daya tarik bagi penikmat kopi Aceh.

Desain warung kopi yang semakin memikat konsumen, dengan penampilan ekterior dan interiornya menggugah, tentu semakin disukai para pelancong di Aceh. Kenyamanan dalam warung kopi yang diberikan merupakan pelayanan bernilai tinggi. Apa lagi sejumlah warung kopi di Banda Aceh, kini terus berkompetisi memberi yang terbaik untuk konsumennya, tentu juga untuk wisatawan.

13987714351546287982
Salah satu warung kopi di Banda Aceh yang ramai dikunjungi pengunjung (sumber: teukuiskandar.files.wordpress.com)

Kebersihan warung kopi juga menjadi dasar dalam menarik para penikmat kopi. Andalan kebersihan, kenyamanan tentu menjadi aspek penting. Dan ini telah dipraktekkan oleh warung kopi di Banda Aceh.

Berbicara tentang kuliner apa saja yang didapatkan di warung kopi yang ada di Banda Aceh. Tentu tidak terlepas dari minuman dan makanan khas Aceh. Berikut ulasannya.

1. Kopi Aceh
Kopi Aceh merupakan kopi asli produksi dari Aceh dengan proses penyajiannya tradisional, atau sering disebutkan dengan kopi sareng (kopi yang disaring). Minuman satu ini memiliki taste yang membuat Anda pengen terus.

1398769103785718998
Gambar proses pembuatan kopi sareng Aceh (sumber: acehkita.com)

2. Kopi Gayo
Kopi Gayo ini tentu tidak asing lagi bagi penikmat Kopi. Kopi daratan tinggi Aceh ini bahkan telah diekspor ke sejumlah negara di Eropa. Nah, kopi Gayo itu sendiri ada yang namanya kopi Robusta dan Arabica. Juga ada kopi luwak Gayo. Kopi ini juga disajikan dan menjadi menu pilihan di warung kopi di Banda Aceh.

13987692001344505147
Ilustrasi Kopi Gayo (sumber:tempo.co)

3. Sanger
Sanger merupakan minuman mirip cappucino. Minuman yang biasa disebut dengan kopi sanger ini sudah tidak asing lagi di Banda Aceh. Dengan rasanya lembut membuat Anda ingin mencobanya lagi.

1398769298717246865
Gambar sajian sanger dingin (sumber: 2.bp.blogspot.com)

4. Mie Aceh
Kuliner yang satu ini telah dikenal dan bahkan tersebar seantero nusantara. Mie dengan sebutan mie gureng dalam bahasa Aceh ini memiliki rasa yang gurih dan memikat lidah bagi siapa saja yang mencicipinya. Mie Aceh ini sendiri ada beberapa sub menu, yaitu mie goreng, mie goreng basah, dan mie rebus. Apa lagi jika disajikan dengan seefoods, wah semakin sedap deh.

13987693941925209337
Gambar hidangan mie Aceh yang menggugah selera (sumber: bango.co.id)

5. Martabak & Canai Aceh
Siapa yang gak kenal sih dengan martabak Aceh? Martabak Aceh berbahan dasar telor dan tepung ini memiliki rasa yang enak dan harga yang murah, tentu juga menjadi makanan untuk menambah gizi. Nah, biasanya ditempat yang ada dijualnya martabak Aceh juga disajikan canai Aceh dengan berbagai pilihan rasa, ada rasa durian, selai, dan canai pakai gula. Silahkan dicoba di warung kopi di Banda Aceh ya.

13987695391377529355
Gambar sajian martabak telor khas Aceh (sumber: sianakdesa.com)

6. Ayam Penyet
Nah, kuliner yang satu ini mesti dicoba kalau Anda mengunjungi Banda Aceh. Ayam ini disajikan dengan sambal yang menggugah lidah dan rasanya yang khas. Dengan berbagai menu yang tersedia membuat Anda ingin mencicipinya satu persatu. Tak perlu khawatir jika Anda bingung mencari dimana lokasinya. Karena kuliner yang satu ini hampir tersebar disejumlah sudut kota Banda Aceh, bahkan juga disediakan di warung-warung kopi yang ada di Banda Aceh. Gampangkan?
13987696362069031584
Gambar ayam penyet (sumber: 1.bp.blogspot.com)

7. Kue Khas Aceh di Warung Kopi
Jika Anda ngopi di warung kopi di Banda Aceh. Biasanya Anda pasti disajikan dengan kue asli Aceh, seperti timphan. Timphan merupakan kue yang berisi srikaya atau selai sejumlah pilihan rasa. Kuenya yang lembut dan gigitannya yang enak membuat kue ini disukai banyak orang. Tidak hanya timphan, di warung kopi juga disajikan dengan kue khas Aceh lainnya, seperti boh rom-rom.


1398769857615813844
Gambar kue timphan yang merupakan makanan khas Aceh (sumber: 2.bp.blogspot.com)

Luar biasa bukan sajian warung kopi di Banda Aceh? Yang semakin mempesonakan lagi, Anda juga bisa mendapatkan kopi dalam kemasan di warung kopi di Banda Aceh. Ini tentu menjadi buah tangan untuk keluarga Anda di rumah.

Setelah Anda menyimak tulisan di atas, saya yakin Anda pasti ingin berwisata di Kota Banda Aceh. Tidak hanya wisata warung kopi, tetapi juga wisata kaliner lainnya, wisata religi, wisata sejarah, wisata tsunami dan sejumlah potensi wisata lain yang siap menjamu diri Anda di Kuta Raja.

Komentar

Unknown mengatakan…
good job brother...
lanjutkan ...

i love coffee...

salam coffee aceh..

Postingan populer dari blog ini

Profil Dayah Mudi Mesra Samalanga Kab.Bireun NAD

MUDI MESRA Adalah sebuah pesantren atau dalam istilah orang aceh disebut dengan Dayah, yang terletak didesa Mideun Jok Kemukiman Mesjid Raya kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireun.. Dayah ini telah berdiri sejak zaman  Sultan Iskandar Muda    dayah ini terus berkembang dan saat ini menjadi dayah terbesar di Aceh. Saat ini dayah MUDI Mesra berada di bawah pimpinan Syekh Hasanul Basri HG ( Abu MUDI) dengan jumlah santri lebih kurang 6000 orang. 1 . IDENTITAS DAYAH MUDI MESRA a. Sejarah Berdirinya Pesantren MUDI Mesra.Lembaga Pendidikan Islam Ma`hadal Ulum Diniyah Islamiyah (MUDI) Mesjid Raya berlokasi di desa Mideun Jok Kemukiman Mesjid Raya, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), tepatnya di sebelah barat kota industri Lhokseumawe kira-kira 100 km. (Note: pintu gerbang komplek putra) D ayah ini telah didirikan seiring dengan pembangunan Mesjid Raya pada masa Sultan Iskandar Muda. Pimpinan dayah yang pertama dikenal dengan

Keutamaan Sholat Subuh dan Bangun Pagi Bagi Kesehatan

Kenapa Harus Bangun pagi buta untuk Sholat Subuh?? Bagi seorang muslim mungkin pertanyaan ini dengan mudah dijawab ; karena sholat subuh adalah bagian dari ibadah wajib yang harus dikerjakan sebagai bukti ketaatan pada Tuhannya. Tapi kenapa ya harus pagi buta gitu sholatnya?? lagi enak-enak tidur kok disuruh sholat.??? Pertanyaan-pertanyaan ini untuk sebagian orang mungkin dianggap bodoh dan bisa dianggap nyeleneh. Tapi untuk orang-orang yang berfikir ilmiah pertanyaan tersebut adalah stimulasi ide besar untuk pembuktian. Kenapa harus dibuktikan?? Yang jelas tidak ada satu halpun yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan kepada umatnya tanpa kebermanfaatan. Ringkasan keutamaan sholat Subuh yang disebutkan dalam buku ini antara lain: 1.Sholat Subuh adalah faktor dilapangkannya rezeki 2.Sholat Subuh menjaga diri seorang muslim 3.Sholat Subuh sama dengan sholat malam semalam suntuk 4.Sholat Subuh adalah tolok ukur keimanan 5.Sholat Subuh adalah penyelamat dari neraka

KEUTAMAAN & KELEBIHAN HARI JUMAT

Hari Jum’at merupakan hari yang mulia. Bukti kemuliaannya, Allah mentakdirkan beberapa kejadian besar pada hari tersebut. Dan juga ada beberapa amal ibadah yang dikhususkan pada malam dan siang harinya, khususnya pelaksanaan shalat Jum’at berikut amal-amal yang mengiringinya. 1. Bahwasanya ia adalah sebaik-baik hari. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam beliau bersabda, خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة فيه خلق آدم وفيه أدخل الجنة وفيه أخرج منها ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة ”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim). 2. Hari ini mengandung kewajiban sholat Jum’at Kewajiban sholat Jum’at merupakan sebesar-besar kewajiban Islam yang paling ditekankan dan seagung-agungnya berhimpunnya kaum muslim