Langsung ke konten utama

Backup Data BlackBerry 10 menggunakan BlackBerry Link

Backup merupakan sebuah proses dimana kita melakukan penyelamatan terhadapat data atau file yang ada diperangkat kita. Setiap smartphone pastilah memiliki sebuah fitur yang sudah disediakan oleh pengembang  sistem operasi itu sendiri, namun tidak di BlackBerry. Smartphone yang menggunakan sistem operasi BlackBerry ini, tidak menyediakan fitur atau aplikasi untuk mem-backup data-nya. Walaupun tidak semua tipe, aplikasi backup pernah disematkan di sistem operasi BlackBerry 7. Baca Cara Backup Data di BlackBerry OS 7 Tanpa Desktop Manager.


Namun hal itu tidak berlanjut di BlackBerry 10, perangkat ini tidak disediakan aplikasi backup, dimana aplikasi itu bisa berfungsi untuk mem-backup data pengguna. Tapi tak perlu khawatir, BlackBerry ketika merilis sistem operasi 10 ini juga menyertakan sebuah aplikasi PC yakni BlackBerry Link yang merupakan  aplikasi desktop diperuntukkan bagi pengguna BlackBerry 10 dan berfungsi sebagai sarana memanajemen perangkat apakah itu backup atau update firmware.

Tidak lah susah mendapat aplikasi ini, bagi pengguna BlackBerry 10 cukup menghubungkan kabel data dari perangkat PC-nya ke perangkat BlackBerry 10. Otomatis akan kelauran sebuah program autorun dimana kita bisa memilih untuk menginstal BlackBerry Link (tentunya secara online).

Namun bagi yang tidak menemukan program autorun tersebut bisa juga langsung download di sini

Bagaimana Cara Backup data BlackBerry 10
Silahakan Download BlackBerry Link dari link diatas, kemudian di instal, tunggulah proses instalasi hingga selesai.
Langkah-Langkah Backup Data BlackBerry 10 menggunakan BlackBerry Link
Langkah Pertama
Hubungkan kabel data dari perangkat PC ke BlackBerry 10, tunggu hingga BlackBerry Link mendeteksi perangkat kita.
Tampilan Useing My Device
 Pilih Start Using My Device atau pilih Switch Device jika kita ingin melakukan pemindahan data dari perangkat BlackBerry yang lama.

Tutorial ini berisi cara backup, jadi anggap saja kita memilih Start Useing My Device, tunggulah hingga BlackBerry Link mendeteksi seluruh isi dari perangkat kita.
BlackBery Link Deteksi Data Perangkat Penuh
 Langkah Kedua
Langkah selanjutnya silahkan pilih tab Backup & Restore di menu sebelah kiri BlackBerry Link dan kita akan melihat tampilan berupa pilihan; Backup, Restore, Factory Reset. Silahkan perhatikan gambar dibawah pada bagian backup dibagi beberapa pilihan, Quick Backup (tidak termaksud File Media dan Juga file aplikasi terinstal)

Tampilan BlackBerry Link Backup & Restore
Full Backup (Backup seluruh Data termaksud file media dan file aplikasi terinstal), yang terakhir Custom Backup (Custom Backup ini kita diberikan opsi untuk memilih apa saja yang akan di backup dengan memilih configuration), disini saya akan memilih Custom Backup dan tunggu hingga BlackBerry Link selesai melakukan deteksi terhadap seluruh isi dari BlackBerry 10.

Custom Backup Configuration Show Detail Application Data
Langkah Ketiga
Langkah selanjutnya silahkan pilih apasaja yang ingin di backup, didalam aplikasi data silahkan Show Details dan pilih data aplikasi yang ingin di Backup untuk device setting sebaiknya juga ditandai untuk antisipasi data contact sewaktu-waktu kita butuhkan, kemudian tekan save.Kemudian pilih Backup Device dan tunggulah hingga proses selesai.


Proses Backup BlackBerry 10 dengan BlackBerry Link
Selesai

Sumber: BlackberryCostum.blogspot

 Saya sebagai pengguna Blackberry Q10 yang bekeluhan tentang masalah diatas membagikan artikel tetangga sebelah sebagai catatan dibaca sendiri dan sebagai pembegian bahan untuk teman teman yang ada pada keluhan yang sama. sekian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Dayah Mudi Mesra Samalanga Kab.Bireun NAD

MUDI MESRA Adalah sebuah pesantren atau dalam istilah orang aceh disebut dengan Dayah, yang terletak didesa Mideun Jok Kemukiman Mesjid Raya kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireun.. Dayah ini telah berdiri sejak zaman  Sultan Iskandar Muda    dayah ini terus berkembang dan saat ini menjadi dayah terbesar di Aceh. Saat ini dayah MUDI Mesra berada di bawah pimpinan Syekh Hasanul Basri HG ( Abu MUDI) dengan jumlah santri lebih kurang 6000 orang. 1 . IDENTITAS DAYAH MUDI MESRA a. Sejarah Berdirinya Pesantren MUDI Mesra.Lembaga Pendidikan Islam Ma`hadal Ulum Diniyah Islamiyah (MUDI) Mesjid Raya berlokasi di desa Mideun Jok Kemukiman Mesjid Raya, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), tepatnya di sebelah barat kota industri Lhokseumawe kira-kira 100 km. (Note: pintu gerbang komplek putra) D ayah ini telah didirikan seiring dengan pembangunan Mesjid Raya pada masa Sultan Iskandar Muda. Pimpinan dayah yang pertama dikenal dengan

Keutamaan Sholat Subuh dan Bangun Pagi Bagi Kesehatan

Kenapa Harus Bangun pagi buta untuk Sholat Subuh?? Bagi seorang muslim mungkin pertanyaan ini dengan mudah dijawab ; karena sholat subuh adalah bagian dari ibadah wajib yang harus dikerjakan sebagai bukti ketaatan pada Tuhannya. Tapi kenapa ya harus pagi buta gitu sholatnya?? lagi enak-enak tidur kok disuruh sholat.??? Pertanyaan-pertanyaan ini untuk sebagian orang mungkin dianggap bodoh dan bisa dianggap nyeleneh. Tapi untuk orang-orang yang berfikir ilmiah pertanyaan tersebut adalah stimulasi ide besar untuk pembuktian. Kenapa harus dibuktikan?? Yang jelas tidak ada satu halpun yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan kepada umatnya tanpa kebermanfaatan. Ringkasan keutamaan sholat Subuh yang disebutkan dalam buku ini antara lain: 1.Sholat Subuh adalah faktor dilapangkannya rezeki 2.Sholat Subuh menjaga diri seorang muslim 3.Sholat Subuh sama dengan sholat malam semalam suntuk 4.Sholat Subuh adalah tolok ukur keimanan 5.Sholat Subuh adalah penyelamat dari neraka

KEUTAMAAN & KELEBIHAN HARI JUMAT

Hari Jum’at merupakan hari yang mulia. Bukti kemuliaannya, Allah mentakdirkan beberapa kejadian besar pada hari tersebut. Dan juga ada beberapa amal ibadah yang dikhususkan pada malam dan siang harinya, khususnya pelaksanaan shalat Jum’at berikut amal-amal yang mengiringinya. 1. Bahwasanya ia adalah sebaik-baik hari. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam beliau bersabda, خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة فيه خلق آدم وفيه أدخل الجنة وفيه أخرج منها ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة ”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim). 2. Hari ini mengandung kewajiban sholat Jum’at Kewajiban sholat Jum’at merupakan sebesar-besar kewajiban Islam yang paling ditekankan dan seagung-agungnya berhimpunnya kaum muslim