Langsung ke konten utama

Cara-Cara Jitu Mengamankan Akun Facebook Dari Hacker

 
Sebagian dari anda pernah kehilangan kendali atas akun facebook anda ? Pastinya sungguh sangat menjengkelkan jika facebook kita tidak bisa dibuka, entah itu karena disebabkan oleh pemblokiran pihak facebook itu sendiri ataupun dibanjakan oleh orang lain. 
Saat ini didunia Facebook, begitu banyak terdengar tentang pencurian Password/Sandi dengan berbagai modus. mulai dari Key Logger, Fake Login, Phising, dan masih banyak lagi, sudahkah teman-teman mengamankan akun Facebooknya?
Tentu saja untuk menghindari hal tersebut kalian juga perlu mengamankan akun facebook milik kalian. Untuk mengamankan akun facebook milik kalian, kalian juga dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
 
1. Selalu Log in dan Log out Setiap kali mengakses facebook
 
Biasanya terkadang saat kita sedang terburu-buru, kita tidak mengeluarkan akun facebook milik kita dan langsung mengklik tombol close.  Apalagi jika ketika kita berman diwarnet. Jika ada orang lain yang membuka browser dan membuka situs facebook, maka yang akan tampil adalah akun facebook milik kita. Untuk berjaga-jaga ada baiknya kita mengeluarkan akun facebook milik kita terlebih dulu.
 
 
2. Gunakan kata sandi / password yang kuat.
 
Pilihlah kata sandi (password) yang kuat, Gunakan kombinasi sekurangnya enam angka, tanda baca, dana huruf. 

3. Menambah pertanyaan keamanan di akun Facebook
 
Diasumsikan bahwa anda telah masuk (logged in) ke akun Facebook Anda, ikut langkah berikut ini:
  • Dihalaman manapun anda berada ketika sedang login di Facebook, Klik  di bagian atas sebelah kanan dan pilih Pengaturan Akun (Account Setting).
  • Klik Keamanan di kolom sebelah kiri, lihat gambar dibawah ini.
pengaturan keamanan facebook
  • Klik bagian Pertanyaan Keamanan dan lakukan 4 langkah dibawah ini : 
  • Pilihlah pertanyaan yang anda sukai
  • Berikan jawaban atas pertanyaan yang anda pilih yang jawaban ini mudah anda hafal tetapi susah ditebak
  • Masukan kata sandi atau password Facebook anda, kemudian klik pada Simpan perubahan.Perhatikan gambar dibawah ini
mengatur pertanyaan keamanan akun facebook

Catatan: Anda tidak akan melihat bagian ini jika telah memasukkan pertanyaan keamanan sebelumnya.

Saran untuk memilih pertanyaan keamanan yang baik:
  • Pilih satu pertanyaan dan jawaban yang dapat Anda ingat
  • Jaga kerahasiaan pertanyaan keamanan Anda
  • Pastikan jawaban Anda cukup spesifik agar tidak dapat ditebak dengan mudah

4. Pastikan akun email Anda aman, 
 
Maksudnya, hanya anda yang berhak dan bisa membuka atau masuk ke akun email anda.

5. Alamat Email yang digunakan harus aktif

Hal ini juga sangat membantu jika akun facebook milik kita tidak bisa masuk/ditolak
6. Hanya meng Add Friend yang kalian kenal saja 
 
Terkadang tips ini digunakan ketika kita lupa password. Maka pada saat ingin masuk facebook kembali, kalian akan diberikan beberapa foto milik teman kalian untuk memastikan bahwa yang mengganti password tersebut adalah kalian sendiri.
7. Melakukan aktifitas yang sopan dalam facebook
 
Orang-orang yang melihat aktifitas kita di facebook, tentu saja akan merespon hal tersebut, entah itu baik ataupun buruk.  
 
8. Menggunakan nama facebook sama dengan nama asli kalian.
 
Nama kita adalah nama terindah pemberian orang tua, salah satu cara memuliakannya adalah dengan menggunakannya sebagai nama akun facebook.
9. Menggunakan foto pribadi asli, bukan foto orang lain.
 
Seburuk apapun wajah anda, kejujuran selalu bernilai emas dimata dunia.


 
10. Mengaktifkan Facebook seluler 
 
Kalian dapat mengaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini :
  • Masuk pengaturan akun
  • Pilih Seluler
  • Klik daftarkan diri untuk Facebook Seluler 
  • Pilihlah negara dan operator seluler milik kalian
  • Kirim SMS dengan cara ketik F kirim ke 32665 
  • Setelah itu kalian dapat mengikuti langkah-langkah yang telah diberikan

11. Saat log-in pastikan ada antivirus yang aktif
 
Ini dilakukan untuk memblokir Key Logger, Fake Login, Phising, dan atau jenis ancaman lain, tidak perduli apakah itu Windows, Mac, Linux ataupun OS (Operational System) lainnya.

12. Menggunakan Jelajah Aman dengan mengubah HTTP menjadi HTTPS di Facebook.
 
HTTPS adalah singkatan dari Hyper Text Transport Protocol Secure. Mengubah protokol dari http menjadi https memiliki fungsi bagi kita untuk menjelajah lebih aman, dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada akun Facebook milik kita. 
Untuk mengubahnya, kalian dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Bukalah Facebook terlebih dahulu
  • Masuk menggunakan akun milik kalian
  • Bukalah menu konfigurasi.
1. Pilih pada Pengaturan Akun
2. Pilih Keamanan
3. Sunting pada Jelajah Aman lalu centanglah kotak kosong untuk mengubah menjadi HTTPS
  • Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat dari gambar dibawah ini.

 
13. Bertindak bijak terhadap semua konten dalam facebook.
 
Berpikirlah sebelum mengeklik atau mengunduh apa pun yang ada di Facebook, tidak perduli dari teman, ataupun pasangan hidup kita karena mungkin mereka sendiri kurang sadar atas apa yang mereka bagikan kepada anda.

14. Mengaktifkan keamanan akun lewat pemberitahuan Email/SMS:
  • langkah pertama, Login ke Facebook.
  • masuk pengaturan akun
  • centang pemberitahuan masuk (Kirimi saya email dan kirimi saya SMS)
  • centang persetujuan masuk ke facebook (Wajibkan saya memasukkan kode keamanan yang dikirim ke ponsel saya), Jika anda belum mendaftarkan nomor handphonenya silakan daftarkan dulu dengan Mengirimkan SMS "FB" (tanpa tanda petik) dan kirim ke 32665 setelah itu jika sudah ada SMS kode Konfirmasi dari Facebook, silakan anda klik  DISINI untuk konfirmasi kode nya,  (biaya hanya Rp. 100, 00 untuk daftar dan setelah itu gratis untuk pemberitahuannya). 
  • setelah itu, langsung aja Klik DISINI jika sudah masuk di halamannya, pilih sunting di bagian Pemberitahuan Masuk.
  • setelah itu,  Pilih dan Centang Email dan SMS/Pemberitahuan Gegas seperti gambar di bawah ini:
  • setelah itu klik Simpan Perubahan.

Cara ini Cukup Ampuh untuk menghindari Pencurian Akun Facebook dikarenakan setiap ada orang yg ingin Login, Harus mengisi Nama, dan jika telah mengsi Nama, maka pemberitahuan Masuknya akan langsung dikirimkan ke nomer HP dan EMAIL anda. perhatikan contoh  SMS berikut :

32665
"PC 1" masuk ke akun facebook anda (Hari ini jam 20:32).
jika ini tidak dengan izin anda, cek email anda untuk mendapatkan instruksi.

"PC 1" itu adalah perangkat yg ditulis saat Login, dan jika anda tidak pernah menulis "PC 1" itu, berarti orang lain yg membukanya..jadi, teman2 sekarang bisa mengetahui jika ada orang yg berusaha masuk ke akun facebook anda.

  • Dan sekarang akun facebook milik kalian hanya bisa diakses pada perangkat yang dikenal. Dan jika kalian masuk melalui perangkat tak dikenal, maka pihak facebook akan mengirimi anda kode verifikasi yang dikirim ke HP/Email milik kalian.

15. Selalu keluar dari akun, setelah selesai menggunakan facebook.
 
Keluarlah dari Facebook jika menggunakan komputer bersama atau umum seperti komputer di sekolah, kampus dan bahkan di WarNet (Warung Internet)
Penyusun : Yohanes Gitoyo.
Referensi : 
  1. http://artsoulinc.blogspot.com/
  2. http://sejuta-cara.blogspot.com/
  3. http://pakaronline.com/facebook/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Dayah Mudi Mesra Samalanga Kab.Bireun NAD

MUDI MESRA Adalah sebuah pesantren atau dalam istilah orang aceh disebut dengan Dayah, yang terletak didesa Mideun Jok Kemukiman Mesjid Raya kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireun.. Dayah ini telah berdiri sejak zaman  Sultan Iskandar Muda    dayah ini terus berkembang dan saat ini menjadi dayah terbesar di Aceh. Saat ini dayah MUDI Mesra berada di bawah pimpinan Syekh Hasanul Basri HG ( Abu MUDI) dengan jumlah santri lebih kurang 6000 orang. 1 . IDENTITAS DAYAH MUDI MESRA a. Sejarah Berdirinya Pesantren MUDI Mesra.Lembaga Pendidikan Islam Ma`hadal Ulum Diniyah Islamiyah (MUDI) Mesjid Raya berlokasi di desa Mideun Jok Kemukiman Mesjid Raya, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), tepatnya di sebelah barat kota industri Lhokseumawe kira-kira 100 km. (Note: pintu gerbang komplek putra) D ayah ini telah didirikan seiring dengan pembangunan Mesjid Raya pada masa Sultan Iskandar Muda. Pimpinan dayah yang pertama dikenal dengan

Keutamaan Sholat Subuh dan Bangun Pagi Bagi Kesehatan

Kenapa Harus Bangun pagi buta untuk Sholat Subuh?? Bagi seorang muslim mungkin pertanyaan ini dengan mudah dijawab ; karena sholat subuh adalah bagian dari ibadah wajib yang harus dikerjakan sebagai bukti ketaatan pada Tuhannya. Tapi kenapa ya harus pagi buta gitu sholatnya?? lagi enak-enak tidur kok disuruh sholat.??? Pertanyaan-pertanyaan ini untuk sebagian orang mungkin dianggap bodoh dan bisa dianggap nyeleneh. Tapi untuk orang-orang yang berfikir ilmiah pertanyaan tersebut adalah stimulasi ide besar untuk pembuktian. Kenapa harus dibuktikan?? Yang jelas tidak ada satu halpun yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan kepada umatnya tanpa kebermanfaatan. Ringkasan keutamaan sholat Subuh yang disebutkan dalam buku ini antara lain: 1.Sholat Subuh adalah faktor dilapangkannya rezeki 2.Sholat Subuh menjaga diri seorang muslim 3.Sholat Subuh sama dengan sholat malam semalam suntuk 4.Sholat Subuh adalah tolok ukur keimanan 5.Sholat Subuh adalah penyelamat dari neraka

KEUTAMAAN & KELEBIHAN HARI JUMAT

Hari Jum’at merupakan hari yang mulia. Bukti kemuliaannya, Allah mentakdirkan beberapa kejadian besar pada hari tersebut. Dan juga ada beberapa amal ibadah yang dikhususkan pada malam dan siang harinya, khususnya pelaksanaan shalat Jum’at berikut amal-amal yang mengiringinya. 1. Bahwasanya ia adalah sebaik-baik hari. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam beliau bersabda, خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة فيه خلق آدم وفيه أدخل الجنة وفيه أخرج منها ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة ”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim). 2. Hari ini mengandung kewajiban sholat Jum’at Kewajiban sholat Jum’at merupakan sebesar-besar kewajiban Islam yang paling ditekankan dan seagung-agungnya berhimpunnya kaum muslim